Pages

Jumat, 09 November 2012

tutorial membuat logo pada corel draw x4





Selamat datang para bloggers. Hari ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat logo dengan menggunakan corel draw x4. Seperti gambar diatas.

Pertama-tama pastikan anda mempunyai corel draw versi berapa saja. Tapi pada tutorial ini saya menggunakan coreldraw x4.




Langkah ke-1 start new blank document. Atau klik file – pilih new. Setelah itu import gambar yang anda punya dengan tekan ctrl+i untuk import. Kalau anda tidak punya gambar anda bisa cari-cari gambar di google dan formatnya harus berbentuk vector. Atau mungkin andabisa membuat gambar sendiri dari nol.



Langkah ke-2, selanjutnya kita akan membuat tulisan, pertama – tama kita buat garis lurus dengan menggunakan pen tool. Lihat yang gambar diatas (yang dilingkari).



Langkah ke-3, lalu kita akan membengkokkan garis yang kita buat menjadi seperti setengah lingkaran. Dengan klik “shape tool” seperti yang dilingkari pada gambar diatas, setelat itu klik kiri pada tengah – tengah garis tersebut.



Langkah ke-4, setelah kita klik pada garis akan terlihat sebuah titik seperti diatas. Lalu kita pilih dan klik “convert line to curve” seperti yang dilingkari gambar diatas.









Langkah ke-5, setelah itu akan muncul tanda panah dari setiap ujung garis tersebut.


Langkah ke-6, gunakan mouse untuk mengatur tanda panah tersebut dengan meng-klik kiri pada tanda panah dan tahan sambil menggeser krusor/mouse hingga garis bengkok seperti yang kita inginkan.


Langkah ke-7, lakukan yang sama pada kedua ujung garis. Hingga membentuk setengah lingkaran seperti digambar diatas.



Langkah ke-8, sekarang kita akan membuat text diatas garis setengah lingkaran tersebut. Dengan cara klik “text tool” (yang dilingkari), setelah itu klik pada garis tersebut. Dan kemudian kita atur font nya sesuai selera.

Langkah ke-9, setelah selesai kita tulis, tekan “ctrl+Q” untuk mengconvert dari text menjadi object agar mudah di edit.


Langkah ke-10, selanjutnya kita select garisnya. Lalu putar hingga terbalik seperti gambar diatas.


Langkah ke-11, lalu lakukan hal yang sama seperti pada langkah ke-9 untuk membuat text melengkung. Dan jangan lupa tekan “ctrl+Q” untuk mengubahnya menjadi object.



langkah ke-12, kemudian hapus garis melengkung tadi. Karena kita sudah tidak membutuhkannya.


Langkah ke-13 ambil gambar yang telah dibuat pada langkah ke-1. Dan susun sesuai selera atau kemauan kita.


Langkah ke-14, pada langkah ini kita akan membuat contour pada text yang telah kita buat. Agar terlihat lebih menarik. Untuk menampilkan contour tekan “ctrl+f11”.



Langkah ke-15, lalu atur contour sesuai selera anda. Dalam hal ini saya memilih warna yang sama dengan gambar kue tadi.


langkah ke-16, jangan lupa setting ketebalan contournya dan pilih outside untuk membuat contour diluar object. Lalu tekan “apply”, setelah itu tekan “ctrl+K” untuk melepaskan contour dari object yang kita buat. Dan membuat contour itu sendiri menjadi object.



Langkah ke-17, lakukan yang sama pada text “cookies” dengan settingan yang sama. Dan jangan lupa juga untuk tekan “ctrl+K”.



Langkah ke-18, agar penampilannya lebih menarik saya tambah kan gambar lingkaran. Untuk membuat lingkaran, klik “ellipse tool” yang ada pada toolbox. Dan untuk mendapatkan lingkaran sempurna tekan “ctrl” sambil kita membuat lingkaran tersebut.



Langkah ke-19, pada langkah terakhir ini kita sesuaikan lingkaran tadi dengan gambar yang telah kita buat. Dan kita dapat mengatur sizenya. Jika, gambar lingkarannya terdapat diatas gambar yang kita buat kita dapat membuatnya dibawah sebagai background (seperti gambar diatas) dengan klik “shift+page down”. Selanjutnya, kita drag untuk select area dan tekan “ctrl+g” untuk membuatnya menjadi satu grup. Agar mudah memindahkan atau mengopynya.


sekian tutorial pertama saya ini, semoga bermanfaat bagi para blogger. jika ada yang masih kurang jelas bisa ditanyakan langsung ke saya.



2 komentar: