computing cup 2011

Pages

Jumat, 27 Desember 2013

CONTOH PROPOSAL



TUGAS SOFTKILL
MATKUL PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
PROPOSAL ANIME ONLINE SHOP




DI SUSUN OLEH     :
1.      IRVAN BERIZAL                     (53410634)
2.      DWI PRASETYO                      (52410204)
3.      ERWIN PUTRA                        (52410433)

KELAS                      :  4IA21
      


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
2013


Pendahuluan
Latar Belakang
Berkembangnya anime-anime manga yang berasal dari jepang membuat tren tersendiri dalam bidang animasi maupun fashion, model yang disediakan sangat menarik sesuai dengan selera konsumen dan masyarakat. Maka kami akan membuka toko online (online shop) yang dimana produknya berdasarkan tokoh-tokoh terkenal didalam anime, kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya dengan selera mereka masing – masing.
Oleh karena itu perlu langkah nyata untuk memanfaatkan peluang bisnis di bidang fashion ini, maka dibuatlah proposal ini untuk memberikan gambaran mengenai usaha ini.
Batasan
Batasan masalah dalam proposal ini adalah:
1.    Pelanggan anime online shop yang melakukan pembelian di Facebook dan Twitter
2.    Berumur 6-17, 18-24, 25-30. Kisaran umur itulah banyak penggemar anime jepang ini
3.    Laki-laki / Perempuan
Tujuan
Tujuan dibuatnya proposal ini adalah untuk memberikan gambaran tentang sebuah usaha yang ingin didirikan, usaha yang ingin didirikan adalah usaha dalam bidang online shop bergenre anime antara lain : pakaian, accessories, sepatu, tas, sweater/jacket    Dimana orang yang ingin membeli tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan, cukup memesan barang dari rumah.
Metode yang digunakan
Metode yang digunakan disini adalah sistem online shop yang berarti penjualan dan pembelian dilakuan hanya melalui internet facebook dan twittter adalah media kami dalam melakukan promosi, penjualan, dan pemesanan barang oleh pembeli.
Target
Target pemasaran kami adalah seluruh penggemar anime seluruh indonesia

Profil Usaha
Nama Perusahaan                    : Anime Online Shop
Alamat Perusahaan                 : Jl. Kalimalang, Bekasi
Pemilik                                    : PT. 4IA21.Inc
Informasi Tentang Bisnis        :
Bisnis ini bergerak dibidang fashion antara lain : pakaian, sepatu, accessories, sweater/jacket, tas. Bisnis ini merupakan bentuk usaha swasta karena pemegang saham yang menguasai sepenuhnya usaha ini. Modal untuk usaha ini sepenuhnya dari pemegang saham.

WBS (Work Breakdown Structure)
WBS adalah suatu metode pengorganisasian proyek menjadi struktur pelaporan hierarki. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.
Sumber Daya
Perangkat Keras dan Lunak. Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini adalah :
1. Smartphone.
2. Laptop atau komputer.
3. Koneksi internet.
4. M-banking atau E-banking.
Biaya
Stock awal barang       : Rp 1.000.000
Pulsa                            : Rp    250.000
Transportasi                 : Rp    250.000
Total anggaran awal    : Rp 1.500.000


Laba
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda - beda, untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp. 15.000,00 - Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya barang yang terjual selama satu bulan tersebut.

Kegiatan/Task
Berikut ini adalah suatu kegiatan untuk merealisasikan proyek “PROPOSAL ANIME ONLINE SHOP” akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:
1. Studi Kelayakan
Mempelajari proses-proses dan identifikasi data-data yang dibutuhkan dalam perancangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan Perusahaan dalam hal ini Eksekutif untuk meningkatkan pelayanan efisiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari FlowChart, Data Flow Diagram (DFD), desain tabel, dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang di kehendaki.
3. Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujian
Black Box Testing
- Uji Prilaku (behavior testing)
- Focus input / output
- Fungsionalitas
5. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari Anime Online Shop yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna selanjutnya.


6. Pemeliharan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
7. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.




Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat ikut serta memperbaiki kesejahteraan dan perekonomian pribadi tiap - tiap orang, terlebih lagi jika dapat  memberikan  lapangan pekerjaan pada orang lain dan memajukan ekonomi Indonesia. Terima kasih.

Sumber :
http://mertaeka.blogspot.com/2012/12/proposal-adorable-hijab-pengantar.html